KOMPUTER GRAFIS UAS

Nama    : Tria Juliatul Rohmah
NIM      : 2302071013
Prodi     : D3 Desain Komunikasi Visual



KARYA TERPILIH



1. Alasan pemilihan karya:

        Menulis buku memang bukanlah hal yang mudah, dimana terdapat aturan-aturan yang harus sesuai apabila ingin mencetak suatu buku pada penerbit. dalam tugas Komputer Grafis ini terdapat tugas yang mana saya harus membuat suatu buku. dimulai dari cover, isi, serta dalam bentuk secara fisik juga. hal itu membuat saya menyadari betapa susahnya menjadi penulis namun hal itu juga membuat saya belajar akan proses pembuatan dari sebuah buku. 
          Cara saya dalam pembuatan buku ini melewati berbagai tahapan. Seperti, yang pertama tentunya mencari ide/referensi dan juga ketentuan dalam pembuatan suatu buku. Setelah mendapatkan ide maka langsung saja dilakukan proses pembuatan buku, dengan menyiapkan cover terlebih dahulu. dalam buku ini saya mengambil tema yang terbilang menyeramkan. dalam cover tersebut terdapat seseorang yang tengah berpikir juga terdapat seseorang yang terjatuh setelah tertikam. hal itu bermakna bahwa jika kamu hanya terus berpikir, merancang sesuatu bahkan tidak tau caranya namun, tidak ingin mencoba terlebih dahulu maka hal itu membuat kamu jatuh kelubang yang kamu buat sendiri. maka dari itu desain buku tersebut tercipta yang juga dimana buku ini berisi panduan/tutorial membuat suatu desain/karya. Setelah cover selesai dibuat maka langkah selanjutnya yaitu dengan merncang layout buku. kemudian isi pembahasan yang akan dicantumkan pada buku, tak lupa juga memperhatikan aturan-aturan dalam pembuatan buku seperti halaman, kaidah penulisan, ukuran kertas, dll. Stetelah rancangan buku telah selesai buku siap dicetak.
        Dari proses pembuatan itulah menjadi alasan saya memilih karya ini dimana sebenarnya apabila kita belajar juga memiliki niatan penuh maka hal itupun pasti akan terwujud. meskipun pastinya masih terdapatan kekurang-kekurangan yang ada.

2. Bahan baku:
    
    Bahan ataupun alat yang digunakan dalam pembuatan buku ini yaitu laptop juga diselingi membutuhkan bantuan handphone.

3. Teknik:

        Teknik yang digunakan dalam pembuatan karya buku ini adalah dengan mengunkan teknik digital.

4. Aplikasi: 
      
      Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan buku ialah dengan menggunakan Microsoft Word dan juga Corel Draw.

5. Waktu:

        Waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan buku ini kurang lebih selama 2 minggu. yang mana menentukan sebuah konsep dan juga pemahaman dalam pembuatan buku menjadi hal yang berpengaruh terhadap waktu berapa lama buku selesai dibuat.

6. Kepuasan:

        Saya cukup puas dengan hasil akhir dari karya buku ini dimana saya banyak belajar bagaimana proses pembuatan buku. Meskipun masih banyak kekurangan didalamnya, sepertihalnya minimal dalam pembuatan buku ialah 50 halaman namun sangat disayangkan saya hanya mampu menyelesaikan 30 halaman. Namun diluar dari hal tersebut saya bangga telah menyelesaikan pembuatan buku tersebut.


LAMPIRAN

Tampilan Cover Buku


Tampilan Isi Buku


Tampilan Fisik Buku



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEDIA INFORMASI

Nama      : Tria Juliatul Rohmah NIM         : 2302071013 Prodi        : D3 Desain Komunikasi Visual POSTER PPDB  MAN 2 BANYUWANGI         P...