TUGAS 7- BAB 5 (C) MANUSIA MAKHLUK SOSIAL

Nama    : Tria Juliatul Rohmah
NIM      : 2302071013
Prodi     : D3 Desain Komunikasi Visual


BAB V
MANUSIA MAKHLUK SOSIAL


5.8 Peringatan Allah tentang Takaran dan Timbangan

    Allah swt secara khusus mengingatkan manusia tentang pentingnya menjaga takaran dan timbangan. Jika diperiksa secara mendalam, kaitan pengertian takaran dan timbangan bisa mengandung dua makna: makna lahiriah dan makna lain yang lebih jauh terkait dengantakaran dalam menentukan penilaian hukum, penilaian kejadian perkara tertentu, maupun timbangan-timbangan terkait dengan penentuan keadilan sikap. Hal itu akan terakumulasi dengan jumlah dapatan dari recehan yang bermasalah, yang bisa mereka kumpulkan dalam jaringnan kerja mereka yang sangat menggurita. Pendidikan karakter biasanya berlangsung secara dominan melalui keteladananSeorang pecurang telah menjadi teladan utama bagi anak dan istrinya. Tetapi, energi perilaku curang yang mengalir dalam makanan, minuman, pakaian, sikap hidup, bahkan pola hubungan antara orang tua dengan anak, telah menjadi power yang hebat untuk menggiring para penikmat hasil kecurangan untuk mengikuti pola sumbernya. Kemudahan-kemudahan yang dibiasakan akan membentuk karakter ‘ingin serba mudah’ yang melahirkan perilaku suap, tidak suka antri, penyerobot, dan aneka keburukan perilaku yang tidak normal. Pendidikan korupsi telah dimulai dari lingkungan keluarga

    Peringatan Allah swt yang menyertai berita tentang kecurangan tentang takaran dan timbangan, ada sembilan isi kalimat yang menjadi kunci permasalahan. (1) Ajakan untuk tetap menyembah Allah swt sebagai Tuhan yang memberi petunjuk. (2) Bukti nyata tentang kasih sayang dan kekuasaan Allah swt. (3) Tentang takaran dan timbangan yang sebenarnya bisa dipergunakan dalam transaksi jual-beli yang kerap dilakukan oleh mereka yang (4) mampu secara ekonomis, pedagang, yang (5) cenderung meminta keadilan dalam melakukan transaksi jual-beli untuk mereka, tetapi cenderung curang dalam melakukan takaran dan timbangan untuk keperluan pembeli. Semua perilaku tersebut dikaitkan dengan peringatan Allah swt yang lainnya tentang (6) kerusakan, (7) merugikan hak orang lain, (8) kejahatan di muka bumi, dan yang paling berat, ada peringatan tentang (9) azab yang membinasakan.

5.9 Konsep Halalan Thayyiban 

    Kerap menjadi bahan perbincangnan di ruang publik bahwa konsep halalan thayyiban hanya dikaitkan dengan kondisi halalnya sesuatu secara fisik. Misalnya, ketika seseorang telah menyiapkan bahan makanan sejenis masakan berbahan ayam. Secara fisik, ayam adalah jenis binatang yang dihalalkan secara syar’i, lain halnya dengan hinzir yang telah di-nash di dalam Al-Quran sebagai binatang yang haram untuk dikonsumsi. Orang merasa cukup aman jika makanan yang dihidangkan berbahan ayam. Banyak orang muslim yang cukup berani mengkonsumsi makanan berbahan ayam dan sejenisnya, yang dimasak oleh orang-orang non-muslim. Mungkin perlu informasi yang ‘tidak menyakitkan’ ketika yang muslim memberi tahu kondisi tuntutan halal yang sebenarnya di dalam konsep Islam.
    
    Yang halal dan yang haram, di dalam Islam, sangat jelas.‘abu-abu’ di antara permasalahan yang telah jelas itu, kerap menimbulkan perbedaanperbadaan pandangan. Nabi telah mengajari ummat Islam untuk menunjukkan ketegasan sikap:"Tinggalkanlah sesuatu yang tidak jelas dan kerjakanlah sesuatu yang sudah pasti jelas ketentuannya". Kepastian hukum sangat bertalian dengan kejelasan tentang kondisi sesuatu. Namun, muncul pertanyaan tambahan yang menyertai kondisi tadi, "apakah nafkah yang diberikan oleh seorang suami sebagai kepala keluarga telah memenuhi aturan tentang cara dan sumber yang legal, tidak menyalahi aturan syari’at maupun hukum umum? Jika semua kondisi tadi telah sesuai, halalan-thayyiban yang dituntut dalam aturan Islam bisa dipenuhiHarta yang halalan dan thayyiban, dengan bentuk dan contoh lainnya yang setara, adalah yang halal dan thayyib secara fisik dan non-fisik. Sesuatu yang telah nyata halal dan thayyib, masih bisa dikelompokkan ke dalam kondisi belum thayyib ketika berbenturan dengan kondisi lain yang menyertai penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEDIA INFORMASI

Nama      : Tria Juliatul Rohmah NIM         : 2302071013 Prodi        : D3 Desain Komunikasi Visual POSTER PPDB  MAN 2 BANYUWANGI         P...