BAB 8 (A) MANUSIA MAKHLUK BUDAYA

Nama    : Tria Juliatul Rohmah
NIM      : 2302071013
Prodi     : D3 Desain Komunikasi Visual


BAB VIII
MANUSIA MAKHLUK BUDAYA


8.1 Telah Terjadi Kerusakan di Darat dan di Laut Karena Ulah Manusia

 
    Allah telah mengungkap masalah hasil perilaku manusia yang membawa dampak baik maupun buruk di muka bumi. Begitu banyak tanda keberhasilan manusia masa lalu yang telah "dipajang" dalan etalase Dunia yang memungkinkan menjadi bahan pembelajaran bagi manusia-manusia setelahnya. Allah swt selalu menantang manusia untuk melakukan perjalanan terutama mempelajari kejadian-kejadian yang terkait dengan peristiwa masa lalu yang telah digambarkan di dalam isi ayat-ayat Al-Quran. Kata perintah berjalanlah yang digunakan, ada kata dan yang selalu diikuti kata atau . Sementara kata perintah yang sama dalam bahasa Indonesia, dan ada penggunaan kata perintah pada kumpulan yang kedua memiliki perbedaan peruntukan. Kata dan diperuntukkan sebagai perintah berjalan yang dilengkapi perintah meneliti: atau . Dan, kata berarti perintah berjalan dikaitkan dengan tenggang waktu tertentu yang bernada ancaman dari Allah swt untuk para musyrikin .

    Khusus tentang 5 ayat yang berisi perintah berjalan-jalan sambil melakukan penelitian, semuanya dikaitkan dengan wisata sejarah. Allah swt memerintahkan manusia untuk memeriksa apa yang pernah dicapai dan dialami oleh masyarakat masa lalu, lebih khusus berkaitan dengan bukti-bukti akibat pembangkangan. Azab Allah swt ditimpakan kepada masyarakat masa lalu yang tidak mau mengikuti aturan Allah swt, bahkan menantang kepastian Allah swt karena kesombongan mereka.


Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; karena itu berjalanlah di bumi dan perhatikan bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul) (Q.S. Ali Imran, 03:137)


    Perjalanan dan penelitian tentang manusia-manusia masa lalu dengan berbagai tinggalan yang merupakan bukti yang menyertai akibat atau kesudahan mereka. Pada ayat yang terakhir Allah swt memerintah manusia untuk memeriksa hal-hal yang terkait dengan proses penciptaan manusia , bahkan tentang akhir penciptaan . Berjalanlah, artinya, semua kegiatan itu tak mungkin hanya dikerjakan dengan diam, tanpa mobile. Semua data harus dikumpulkan dengan cara mencari dan mencari dari berbaggai sumber, sumber-sumber catatan lama, yang sedang terjadi, maupun lompatan-lompatan yang diperkirakan akan terjadi kemudian.
Allah swt juga melengkapi berita tentang manusia dan hasil perilakunya dengan pernyataan yang sekaligus peringatan langsung bagi manusia pada masanya. Manusia, hanya manusia saja, yang bisa meninggalkan catatan-catatan penting berupa tinggalan hasil perilakunya di permukaan Bumi.

    Sementara itu, mahluk lain, tidak pernah diceritakan meningalkan artefak. Manusia adalah mahluk budaya. Manusia diberi kemampuan untuk membangun suatu sistem sosial dalam berbagai tingkatan: keluarga, teman, kelompok pehobi, kelompok politik, bangsa, negara, bahkan kelompok yang lebih luas yaitu antarbangsa, antarnegara dan benua. Tinggalan hasil kegiatan ikatan sosial itupun tampak sekali bukti-buktinya. Subsistem budaya lainnya, lebih khusus hasil budaya fisik, menjadi tinggalan yang dominan sebagai petunjuk keberadaan bangsa manusia. Terungkapnya berita kekerasan dalam rumah tangga, pembullyan, kejahatan seksual terhadap anak-anak, di tempat lain pun saling susul muncul kejadian yang serupa dengannya. Memang, semua itu bisa disaksikan bersama karena para pengelola media massa di tempat yang berbeda mengumpulkan hal yang tren sebagai bahan beirta. Tetapi, apakah kejadian-kejadian di Bumi ini selalu beruntun dan berseri?Masalah banjir, tanah longsong, dan jerebu kerap berulang dialami oleh masyarakat Indonesia.


8.2 Bukti-bukti Ilmiah tentang Kemahakuasaan Allah swt

    Banyak peneliti yang merasa pensaran dengan apa yang telah diungkap oleh Allah swt di dalam Al- Quran. Di balik semua perintah dan pola kegiatan yang harus dilakukan oleh manusia muslim, ternyata begitu banyak bukti ilmiah yang bisa diungkap. Begitu juga dalam buku Tahajud Manfaat Praktis Ditinjau Dari Ilmu Kedokteran yang merupakan laporan disertasi Moh. Sholeh, yang diterbitkan oleh Pustaka Pelajar dan Forum Studi Himanda, di Yogyakarta
    
    Di satu sisi ada orang yang menyokong temuan-temuan tentang hasil penelitian tentang makna shalat, makna gerakan shalat, tapi banyak juga yang menentang. Padahal, manusia lain yang menentang ajaran Islam malah memerlukan bukti empirik dari banyak hal tentang sisi ilmiah semua kondisi yang mereka tentang. Allah swt telah menyiapkan mukjizat yang sangat tepat dengan kondisi manusia masa kini untuk Nabi Muhammad saw, yaitu Al-Quran. Sebuah mukjizat yang tidak pernah diberikan oleh Allah swt kepada nabi yang lainRasa penasaran dan tuntutan pengalaman empirik dari para ilmuwan, terutama para penentang isi Al-Quran, telah banyak mendapatkan jawaban telak dari konsep ilmiah yang disediakan Allah swt dalam isi Al-Quran.

    Satu contoh , cerita tentang teori Big Bang, yang telah diceritakan oleh Allah swt sejak empat belas abad yang lalu. Menurut para ahli astrofisika, asal mula adanya alam semesta yang dikenal dalam teori big bang dinyatakan: pada mulanya alam semesta berbentuk satu massa yang besar (nebula primer) kemudian terjadi big bang (ledakan pemisah sekunder) yang mengakibatkan pembentukan galaksi yang terbagi dalam planet, matahari, bulan dan lain sebagainya. Teori yang dianggap memberikan penjelasan paling komprehensif dan akurat tentang penciptaan alam semesta karena didukung oleh metode ilmiah beserta observasi yang dilakukan oleh para astronom dan astrofisika selama beberapa dekade, sesungguhnya telah lebih dahulu dijelaskan oleh Pencipta alam yaitu Allah swt dalam surat Al-Anbiyaa, 21: 30.


Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman. (Q.S. Al-Anbiya, 21: 30)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEDIA INFORMASI

Nama      : Tria Juliatul Rohmah NIM         : 2302071013 Prodi        : D3 Desain Komunikasi Visual POSTER PPDB  MAN 2 BANYUWANGI         P...